COOL Lifestyle

12 Desain Kreatif Tempat Penyimpanan Mainan Anak

29.06.2018

Rumah terlihat berantakan akibat mainan dan barang yang berserakan dimana-mana merupakan problematika utama yang dihadapi tiap orang tua yang memiliki anak kecil, mungkin saja termasuk Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa berkreasi menciptakan tempat-tempat penyimpanan (storage) yang menarik perhatian si kecil agar ia bersemangat merapikan dan menyimpan mainannya sendiri.

Membuat storage untuk menyimpan mainan dan keperluan anak tidak mesti mahal. Anda bisa menggunakan benda-benda yang ada di rumah atau membuatnya. Letaknya pun tak melulu harus di kamar anak ataupun ruang bermain (playroom). Anda bisa mengkreasikan sudut manapun untuk dijadikan tempat penyimpanan. Ini dia beberapa contoh desain storage yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Window seat

Jika Anda memiliki window seat atau built in furniture di rumah, manfaatkan bagian bawah atau kaki bangku menjadi tempat penyimpanan. Gunakan box rotan untuk menyimpan mainan, buku atau perabot anak lainnya.

Tote bag

Punya goodie bag atau tote bag tak terpakai? Manfaatkan saja menjadi tempat untuk menyimpan mainan anak seperti boneka atau mobil-mobilan. Lalu gantung pada gantungan baju di dinding.

Rak kain

Anda juga bisa menggunakan rak kain vertikal yang biasanya digantung di dalam lemari pakaian menjadi tempat penyimpanan. Gantung rak ini pada lemari terbuka di ruang bermain anak.

Pot gantung

Menyimpan tumpukan boneka juga bisa menggunakan pot gantung dari besi

Baki berlabel

Model furnitur ini bisa Anda jumpai di toko-toko furnitur. Baki yang digunakan sebagai storage ini tersedia dalam beberapa ukuran dan pilihan warna. Beri label sesuai jenis atau warna mainan untuk menarik perhatian si kecil.

Magnet dinding

Susun dan pajang koleksi mobil-mobilan si kecil pada magnet yang ditempel di dinding. Tampilannya bahkan bisa mempercantik interior ruang.

Rak ambalan

Simpan perabot seni seperti kertas gambar, krayon, cat air atau kuas di atas rak ambalan. Kelompokkan benda berdasarkan fungsinya, kemudian beri label dengan menulis nama benda menggunakan kapur di dinding.

Box transparan


Agar si kecil tidak kesulitan menemukan mainan atau barang yang diinginkan, maka buatlah tempat penyimpanan dari boks transparan. Kemudian susun rapi di dalam lemari atau tumpuk di sudut ruangan. Jangan lupa mengelompokkan benda sesuai fungsi.

Gantungan kertas

Mengabadikan kreasi gambar si kecil bisa dengan cara menggantungnya pada seutas tali yang dipasang pada dinding. Idenya menyerupai jemuran, dimana kertas perlu dijepit agar tidak jatuh.

Lemari bawah ranjang

Manfaatkan bagian bawah ranjang menjadi tempat penyimpanan. Anda bisa menempatkan box kain untuk mengelompokkan jenis barang.

Lemari dan ambalan

Bentuknya yang menyerupai dapur mini memudahkan anak untuk mengambil dan menyimpan barang di dalam lemari ataupun di atas rak ambalan.

Box warna

Ceriakan ruang bermain atau kamar anak dengan menempatkan boks warna warni sebagai tempat menyimpan mainan. Anda juga bisa meletakkan boks tersebut di bawah meja bermain untuk memudahkan anak mengambil dan menyimpan mainannya.

 

sumber:http://majalahasri.com/12-desain-kreatif-tempat-penyimpanan-mainan-anak/