COOL Lifestyle

5 Cara Bijak Memilih Hanger agar Pakaian Tetap Awet

22.02.2021

Kalian pasti setuju kalau hanger alias gantungan pakaian menjadi salah satu benda penting yang wajib ada di dalam rumah. Walau bentuknya sederhana, benda yang satu ini membantu pakaian tidak menjadi kusut.
Hampir semua orang menganggap kalau hanger termasuk benda yang fungsional karena dapat berguna untuk menyimpan pakaian di dalam lemari, membantu isi lemari terlihat lebih rapi, berguna saat menjemur pakaian hingga menjaga pakaian tetap rapi saat digantung di mobil.
Meskipun begitu, saat memilih dan membeli hanger pun tidak bisa sembarangan. Mama harus bisa lebih teliti kembali saat sedang berbelanja hanger agar tidak salah pilih. Berikut panduan dari Popmama.com yang bisa dipertimbangkan saat ingin membeli hanger.

1. Sesuai ukuran pakaian

Unsplash/Priscilla Du Preez

Kalian tentu ingin setiap pakaian di rumah tetap terlihat rapi dan awet. Semua ini bisa terwujud bila memilih gantungan pakaian yang tepat. 

Sebelum membeli hanger, cobalah untuk mempertimbangan dengan mengingat kembali ukuran pakaian yang ada di rumah.

Dengan membeli hanger yang sesuai ukuran, kalian bisa menyesuaikan setiap ukuran pakaian yang ingin digantung di dalam lemari. 

 

2. Mengenal jenis-jenis hanger beserta fungsinya

Unsplash/Andrej Lišakov

Memilih hanger yang sembarangan dapat merusak pakaian. Untuk itu, Mama perlu memilih jenis hanger yang terbilang tepat agar pakaian di rumah tetap aman dan tetap dalam kondisi terbaik. 

Saat membeli hanger di pasaran, Mama tentunya akan menjumpai berbagai jenis hanger seperti:

  • Hanger berbantalan

Gantungan jenis ini diselimuti bahan yang lembut seperti satin, sehingga tidak akan mudah merusak pakaian yang ada di rumah. Ini cocok digunakan untuk menggantung gaun dan lingerie. 

  • Hanger celana

Gantungan jenis ini biasanya terbuat dari bahan besi. Selain itu, dilengkapi juga dengan penjepit di bagian bawah yang berguna untuk menopang celana. 

  • Hanger tubular

Gantungan jenis ini terbuat dari bahan plastik. Hanger tubular kurang bisa dipakai untuk jenis pakaian yang terlalu berat. Untuk itu, penggunaannya sangat cocok untuk menggantung berbagai jenis kaus atau pakaian yang berbahan ringan. 

  • Hanger kayu

Gantungan jenis ini terbilang paling kuat di antara jenis lainnya. Bahan yang kuat membuat hanger kayu dapat menggantung pakaian seperti setelan jas, jaket hingga mantel. 

  • Hanger kawat

Gantungan jenis ini bisa dikatakan cukup banyak kekurangannya karena terbuat dari logam. Hanger kawat biasanya mudah sekali berkarat. Bila sudah berkarat, ada baiknya tidak dipakai karena dapat merusak kualitas pakaian di rumah. Selain itu, hanger yang tidak terlihat kokoh ini kurang mampu menahan beban berat. 

 

3. Membeli berbagai jenis hanger

Unsplash/MODERN ESSENTIALS

Kalian sekeluarga tentu memilih jenis pakaian yang cukup bermacam-macam ya. Untuk itu, saat memilih dan berkeinginan membeli hanger sebaiknya tidak hanya satu jenis saja. 

Belilah hanger dengan berbagai jenis mulai dari hanger berbantalan, hanger tubular hingga hanger kayu.

Jika semua jenis hanger dimiliki, setidaknya Mama bisa lebih bijak dalam menggunakan hanger yang cocok untuk setiap pakaian di rumah. 

Namun, harus dipastikan kembali jika hanger yang dipilih berkualitas baik. Mengingat hanger bisa digunakan untuk jangka panjang, jadi pilihlah gantungan pakaian yang terbaik agar keuangan keluarga lebih hemat. 

 

4. Sesuai ukuran lemari

Unsplash/Annie Spratt

Setiap ukuran lemari pakaian yang dimiliki masing-masing keluarga tentu berbeda jenisnya. 

Tak bisa dipungkiri kalau ukuran lemari pakaian sekarang bermacam-macam. Ada yang berukuran kecil karena harus menyesuaikan ukuran rumah minimalis, namun ada juga yang berukuran besar agar kapasitas pakaian lebih banyak. 

Dengan beragamnya jenis ukuran lemari pakaian, Mama juga perlu mempertimbangkan setiap hanger yang akan dibeli. Pilih dan pastikan hanger tersebut muat saat dimasukkan ke dalam lemari pakaian ya.

 

5. Bedakan hanger untuk pakaian orang dewasa dengan anak

Unsplash/Andrej Lišakov

Usahakan tidak menyamakan hanger yang digunakan untuk orang dewasa dengan anak ya.

Mama pastinya bisa membedakan kedua hanger ini. Bijaklah dalam memilih dan membedakan hanger yang akan digunakan.

Usahakan tidak perlu memaksa menggunakan hanger yang seharusnya untuk orang dewasa, namun justru dipakai untuk pakaian anak-anak. 

Pakaian si Kecil tentu akan lebih baik digantung menggunakan hanger khusus anak-anak agar tetap muat. Sedangkan pakaian Mama sebaiknya menggunakan hanger orang dewasa agar kualitas pakaian tetap awet dan terjaga. 

 

Semoga tips pemilihan hanger kali ini bisa berguna ya, jika anda membutuhkan hanger bisa langsung cek melalui bit.ly/pesanclaris

 

Sumber : https://www.popmama.com