COOL Lifestyle

7 Manfaat Memasak yang Perlu Anda Ketahui

13.07.2017

Banyak manfaat yang didapat dari memasak di rumah. Meski faktanya, bermacam alasan mulai dari tidak ada waktu, merepotkan, atau karena tidak bisa memasak, bisa menghambat seseorang masak di rumah.
Alhasil, memasak seperti kegiatan yang dihindari karena dianggap tidak praktis dan merepotkan. Padahal, asal mengerti bagaimana taktiknya, memasak hanya butuh waktu sebentar dan bisa sangat menyenangkan, lho.
Memasak pun membuat hidup Anda lebih mudah karena memiliki beragam manfaat di antaranya untuk kesehatan, penghematan, dan bonding keluarga. Apa saja manfaat memasak untuk kehidupan Anda?

1. Memasak membuat lebih mandiri

Akan ada saat Anda sangat butuh makanan tapi tak bisa keluar rumah atau delivery. Jika Anda bisa memasak, ini bisa meredam ketakutan dan kekhawatiran Anda untuk bergantung pada orang lain.

2. Memasak membuat rasa makanan pun sesuai selera

Anda bisa membuat makanan sesuai selera. Kenyamanan memasak sendiri ini akan sangat tak tergantikan. Membeli makanan dari luar mungkin tampak mudah dan nyaman pada awalnya, tetapi tidak begitu dalam jangka panjang. Percayalah, cita rasa dan kesegaran makanan rumah tak pernah bisa tergantikan.

Belum lagi, jika Anda sedang harus diet makanan tertentu. Saat memesan makanan sering kali salah dan malah membuat senewen dan merusak diet, maka kenapa tidak membuat sendiri saja?

3. Memasak sendiri tentu terjamin kandungannya

Memasak sendiri di rumah pun bisa membuat Anda lebih mudah menakar kandungan gizi yang dikonsumsi dan lebih bisa mengontrol berat badan. Anda bisa menghitung jumlah kecukupan gizi dan mengontrol konsumsi kadar gula, garam, dan minyak. Minyak yang digunakan pun lebih terjamin, sudah berapa kali pakainya.

4. Memasak sebenarnya adalah me time yang menenangkan

Usai memasak, ada kebanggaan tersendiri ketimbang sekadar menghidangkan makanan jadi di dalam piring. Tanpa disadari, menyajikan masakan hasil racikan sendiri sesungguhnya bisa meringankan stres dan melepaskan ketegangan Anda. Bila Anda sadari, proses memotong sayuran, mengupas, mengaduk kuah, dan aktivitas lain di dapur, bisa menjadi semacam me time yang menenangkan dan meredakan kegelisahan.

5. Memasak di rumah pasti memangkas pengeluaran

Memasak sendiri tentu lebih murah ketimbang biaya yang dibutuhkan untuk makan di luar. Uang yang dihabiskan untuk membeli bahan makanan seminggu, bisa jadi sama dengan biaya Anda sekali makan bersama pasangan di restoran favorit.

Tak bisa disangkal, memasak adalah cara yang jitu untuk menghemat pengeluaran. Dengan demikian, uang yang Anda simpan bisa dialokasikan pada kebutuhan lain.

6. Memasak membuat suami dan anak terkesan

Setiap pria pasti akan terkesan melihat kelihaian Anda di dapur dan menyiapkan masakan. Meskipun ada tipe pria yang tak menjadikan memasak sebagai syarat perempuan idaman, tapi tetap saja ketika Anda pandai beraksi di dapur maka akan menjadi nilai lebih untuknya.

Lagipula, siapa tidak terkesan dengan pasangan yang pandai memasak? Pria-pria yang bisa masak pun bisa membuat kita terkesan, kan? Memasak pun membuat pasangan semakin mesra dan ingin cepat pulang ke rumah. Selain itu, kenangan buah hati terhadap makanan ibu akan melekat selama hidupnya, lho.

7. Memasak bisa meningkatkan kualitas hidup

Memasak bisa meningkatkan kehidupan Anda. Di era yang serba cepat ini, banyak perempuan mengesampingkan rutinitas memasak karena dianggap kalah penting oleh kesibukan lainnya. Memang, ada banyak alternatif untuk menyiapkan makanan di rumah. Membeli ke restoran langganan, daftar katering diet yang dikirim setiap hari, atau pesan menggunakan layanan antar. Padahal, setelah Anda menguasai teknik memasak, Anda bisa merasakan kualitas hidup dan apresiasi pada diri sendiri meningkat.

 

sumber : http://lampung.tribunnews.com/2016/04/05/tujuh-manfaat-memasak-yang-perlu-anda-ketahui