COOL Lifestyle

7 Tips Perawatan Lantai Keramik di Rumah

24.08.2020

Kebanyakan rumah saat ini menggunakan lantai keramik. Setiap orang tentu ingin lantainya selalu bersih. Karena, lantai yang bersih dan terawat nyaman dipandang. Agar lantai bersih, Anda harus selalu membersihkannya.
Berikut ini ada beberapa tips perawatan lantai. Cara ini akan membersihkan lantai secara efektif. Cara ini juga dapat digunakan sebagai perawatan rutin. Simak saja langkah-langkahnya berikut ini:

Sering Disapu

Lantai keramik harus sering disapu. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran-kotoran. Menyapu juga akan menghilangkan butiran pasir di lantai. Butiran pasir dapat menyebabkan goresan di permukaan lantai.

 

Mengepel Lantai

Lantai sebaiknya dipel 3 kali sehari. Yaitu saat pagi, siang, dan juga sore. Jika tidak, bisa juga dilakukan saat kotor. Anda bisa mengepel menggunakan air bersih saja. Atau, bisa juga ditambah obat khusus pel.

Jika menggunakan obat, sebaiknya jangan terlalu banyak. Karena, ini dapat meninggalkan sisa detergen di lantai. Sehingga, lantai justru lengket dan mudah kotor.

 

Gunakan Pel Berdaya Serap Tinggi

Gunakan kain pel yang bersih. Kain sebaiknya juga memiliki daya serap tinggi. Jika air sudah kotor, ganti air tersebut.

Hindari Pembersih Lantai Berbahan Asam

Hindari memilih pembersih yang mengandung asam tinggi. Kandungan asam menyebabkan lapisan keramik mudah terkikis. Sehingga, keramik menjadi menjadi terlihat kusam.

 

Gunakan Sedikit Acid

Jika keramik sudah kotor, boleh menggunakan acid. Tetapi, jangan digunakan secara murni. Anda bisa mencampurnya dengan air. Setelah digunakan, langsung bilas keramik dengan air. Kemudian, keringkan permukaan keramik.

 

Pilih Alat Pembersih yang Lembut

Hindari memilih alat pembersih yang abrasive. Jika terpaksa, sebaiknya jangan terlalu kasar. Alat yang kasar dapat mengikis permukaan keramik.

 

Membersihkan Keramik di Luar Ruangan

Keramik di luar sering terkena panas matahari. Selain itu, keramik juga mudah kotor dan berkerak. Sebaiknya, keramik di luar lebih sering dibersihkan. Untuk menghilangkan kerak, gunakan obat pembersih. Setelah dibersihkan, bilas dengan air. Terakhir, keringkan keramik menggunakan pel kering.

Berikut ini, tips perawatan yang lebih maksimal. Siapkan dua buah ember. Obat pembersih lantai. Dan, dua stick pel set.

Pertama, masukkan obat pembersih ke dalam ember. Campur dengan air. Di ember satunya, isi air bersih saja. Masukkan kain pel ke ember berisi campuran permbersih. Setelah itu peras dan mulailah mengepel. Pel bagian tepi dahulu.

Setelah itu, mulai dari sudut terjauh. Mengepel sebaiknya dengan cara mundur. Setelah selesai, pel lagi dengan kain yang lain. Sebelumnya, kain tersebut dicelup di air bersih. Biarkan lantai sampai kering. Setelah selesai, cuci kain pel. Keringkan kain pel dan simpan terbalik.

 

Sumber : https://www.lamudi.co.id/journal.

 

Nah itulah tips perawatan lantai keramik ini Tentu mudah bukan? Sekarang,Anda bisa mencobanya untuk lantai keramik Anda. Jika anda butuh peralatan pel bisa langsung klik bit.ly/pesanclaris