COOL Lifestyle

Agar Tak Bosan, Racik Buah-buahan Segar untuk Bekal anak dengan Cara Ini

15.01.2018

Untuk bekal, selain dalam bentuk potongan buah segar bisa diolah jadi berbagai cara. Agar membuat anak selalu tertarik menyantapnya.

Dalam satu kotak bekal makanan anak harus mengandung beberapa unsur zat gizi. Gizi yang seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan sayur atau buah. Walaupun begitu, banyak anak-anak yang menyisakan buah potongnya. Padahal buah ini juga berperan penting dalam menjaga sistem imun dan lancarkan pencernaan.

Berikut ini beberapa olahan dari buah yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi bekalnya ke sekolah.

1. Cake
 

Pisang menjadi salah satu buah yang mengandung kalium, serat dan vitamin yang bisa bantu tingkatkan kesehatan. Jika si kecil tak suka buah pisang, Anda bisa meraciknya menjadi cake yang enak. 

Untuk membuatnya, diperlukan beberapa buah pisang ambon yang sudah matang kemudian dicampurkan dengan mentega, gula serta tepung terigu. Teksturnya lembut dan rasanya manis cokelat pasti bikin si kecil ketagihan. 

Selain itu, ada juga shusi cake yang dibuat dengan isian pisang. Cara membuatnya bisa dengan membalurkan roti dengan selai kacang kemudian potong pisang matang dan gulung serta potong dengan rapih.

2. Puding
 

Ada banyak sekali buah yang cocok dicampurkan ke dalam puding yang kenyal. Buah segar seperti strawberry, jeruk, buah naga, semangka, melon, mangga dan leci bisa dijadikan sebagai penambah rasa dalam puding.

Agar rasanya semakin enak, Andapun dapat menyajikan puding dengan saus vla ataupun racikan saus cokelat yang manis. Cetak dalam wadah kecil dengan bentuk yang lucu agar semakin semangat!

3. Buah dan saus cocolan
Jika tak ada waktu banyak untuk menyiapkan bekal buah. Anda bisa langsung memotong buah semangka, melon atau apel. Agar tampak berbeda, sebaiknya lengkapi dengan saus cocolan berupa cokelat leleh, selai hazelnut atau selai cokelat yang manis. Tambahan saus ini dapat membuat rasa buah semakin enak.

4. Kebab buah
 

Buah potong juga bisa menghasilkan bentuk yang berbeda dengan menyematkannya ke dalam lidi bambu. Dengan menghasilkan bentuk buah mirip seperti kebab atau sate, bisa menjadi daya tarik si kecil. Atur buah-buahan sesuai dengan paduan warna, agar lebih menarik.

5. Salad
 

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Campuran sayuran dan buah bisa diracik menjadi salad dengan mencampurkan saus berupa campuran mayonnaise dan saus tomat. Selain itu, bisa juga dipadukan dengan susu kental manis dan juga keju untuk menghasilkan rasa yang manis. 

Potongan buah yang digunakan untuk salad juga jangan monoton, potong dengan bentuk beragam seperti bunga atau dibentuk bulat dengan bantuan sendok cocktail agar menarik perhatian.

 

sumber : https://food.detik.com/makanan-dan-gizi-anak/d-3258899/agar-tak-bosan-racik-buah-buahan-segar-untuk-bekal-dengan-cara-ini