COOL Lifestyle

Cara memilih nampan yang tepat dan aman untuk di gunakan

15.07.2021

Nampan merupakan tempat atau alas yang banyak digemari masyarakat karena multifungsi. Selain untuk menyajikan makanan atau minuman, nampan juga dapat digunakan sebagai seserahan atau hantaran, penghias meja makan, dan lain sebagainya.
Untuk mendapatkan nampan terbaik dan bagus, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti mengetahui kualitas bahan yang digunakan, model serta bentuknya.
Selain itu, nampan juga dapat memudahkan Anda saat membawa makanan atau minuman dalam jumlah banyak. Nampan juga dapat menghindarkan dari tumpahan minuman atau serpihan sisa makanan yang bisa membuat tempat atau ruangan menjadi kotor.
Kini banyak ditemukan di pasaran nampan yang bagus dan berkualitas. Model dan bentuknya pun unik-unik, serta banyak pilihan warnanya. Dilengkapi juga dengan fitur anti selip dan antigores.
Karena itu, kami menyajikan 10 nampan terbaik yang bagus dan banyak digemari masyarakat lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai nampan dan fungsinya, cara memilih nampan yang tepat, serta cara merawat nampan agar lebih awet dan tahan lama.

Mengenal nampan dan fungsinya

 

Menurut KBBI, nampan adalah tempat untuk menyajikan makanan atau minuman, terbuat dari kayu, logam, dan sebagainya, ada yang berkaki dan ada yang bertelinga; baki; talam; dulang.

Nampan ini tidak hanya digunakan untuk menyajikan makanan atau minuman saja, namun juga digunakan sebagai tempat hantaran untuk seserahan di acara-acara besar seperti pernikahan atau hajatan.

Selain itu, nampan juga berfungsi sebagai alat pelatihan, seperti penggunaan nampan oleh waiter atau pelayan hotel dan restoran, di mana mereka akan dilatih khusus dalam membawa nampan, baik dalam kondisi kosong atau terisi makanan dan minuman.

Cara menyajikan makanan dan minuman ke tamu bagi seorang waiter tidak boleh sembarangan. Ada teknik khusus agar minuman atau makanan di atas nampan tidak tergelincir atau terjatuh.

Karena jika nampan terjatuh, tentu akan membawa komplain dan keluhan bagi tamu, sehingga bisa merugikan perusahaan, hotel maupun restoran tempat di mana para pelayan bekerja.

Sedangkan untuk keseharian, nampan bisa menjaga dari tumpahan minuman atau sisa serpihan makanan ketika Anda sedang menonton televisi, bermain laptop atau komputer, dan bersantai di tempat tidur.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki nampan di rumah. Dan, pastinya ketika akan memilihnya Anda harus memahami model, bentuk, fungsinya agar sesuai dengan peruntukkannya.

 

Cara memilih nampan yang tepat

 

Setelah Anda mengenal nampan dan fungsinya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli nampan, yaitu :

  • Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Nampan terbuat dari jenis bahan seperti plastik, kayu, bambu, dan logam. Bahan plastik banyak digemari masyarakat karena ringan, mudah dibersihkan, dan harganya lebih murah.

Namun untuk nampan berbahan plastik ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti ketebalan dan pastinya pilih yang aman bagi makanan (Food Grade).

Sedangkan bahan kayu yang banyak digunakan untuk nampan adalah jenis kayu pinus, mahoni hingga kayu jati. Di antara kayu-kayu tersebut, kayu jati memiliki kualitas yang sangat baik, kuat, tahan lama, dan dapat memberikan kesan elegan.

Nampan juga ada yang terbuat dari bahan dasar bambu yang diolah dan dibentuk baik persegi maupun lingkaran. Nampan dari bambu ini memiliki karakter lebih unik, alami, dan tentunya aman digunakan untuk tempat berbagai makanan atau minuman.

Dan, yang terakhir adalah nampan yang berbahan logam. Nampan ini banyak digunakan di perusahaan, rumah makan, atau hotel karena bahannya kuat dan tahan lama. Selain itu, nampan ini juga mudah dibersihkan sehingga bisa tetap mengkilap dan enak dipandang.

  • Perhatikan ukurannya

Ukuran dari nampan ini bervariasi, ada yang kecil, sedang dan juga ada yang besar. Untuk kebutuhan rumah, Anda bisa memilih yang kecil atau sedang karena ukuran tersebut relatif sering digunakan.

Sedangkan ukuran besar, biasanya digunakan untuk acara-acara tertentu saja, di mana makanan dan minuman yang dibawa porsinya lebih banyak dan besar.

  • Perhatikan model dan bentuknya

Model dan bentuk nampan bervariasi, ada yang persegi, oval, bulat, dan juga kotak. Untuk kenyamanan saat membawanya, Anda bisa memilih bentuk persegi, sebab nampan persegi biasanya dilengkapi dengan lubang sebagai gagang untuk pegangan.

Sedangkan, untuk Anda yang ingin nampan dengan model yang simpel dan praktis, Anda bisa memilih bentuk oval atau bulat, karena bentuk ini tidak memiliki sisi yang lancip sehingga lebih aman ketika digunakan.

Namun, jika Anda ingin nampan yang bisa digunakan untuk hantaran atau seserahan, Anda bisa memilih nampan bentuk kotak, karena lebih mudah menatanya, lebih praktis, dan nyaman saat membawanya.

  • Pilih yang dilengkapi dengan fitur antiselip

Nampan antiselip ini sangat efektif untuk mencegah barang pecah belah agar tidak tergelincir dan jatuh ke lantai. Biasanya antiselip yang digunakan berupa lapisan karet yang diletakkan pada bagian atas nampan atau gagang.

Dengan fitur antiselip, maka tingkat gesekan dan traksi lebih tinggi sehingga memungkinkan peralatan makan yang basah dan licin hanya bergerak disekitar nampan. Hal ini tentunya bisa mengurangi risiko kerusakan yang bisa merugikan ketika sedang melakukan pelayanan (service).

 

Cara merawat nampan agar lebih awet dan tahan lama

 

Setelah Anda membeli nampan, maka pastikan juga Anda memperhatikan cara mencuci dan merawatnya, agar nampan Anda lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips cara merawat nampan, yaitu:

  • Untuk nampan berbahan dasar kayu atau bambu, Anda bisa menggunakan air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Sedangkan untuk membuat lebih mengkilap atau glossy, Anda bisa menggunakan minyak zaitun light.
  • Kemudian, untuk mencegah nampan kayu Anda agar tidak berjamur, maka hindarilah merendamnya terlalu lama saat mencucinya.
  • Usahakan juga agar benar-benar kering sebelum mengelapnya. Pastikan gunakan lap yang kering dan tidak lembab agar nampan kayu terhindar dari berbagai jenis bakteri atau jamur.
  • Sedangkan untuk nampan berbahan plastik dan logam, Anda bisa menggunakan sabun cuci biasa saat mencucinya.
  • Kemudian usahakan untuk merendamnya terlebih dahulu sekitar 5-10 menit sebelum mencucinya. Gunakan spon halus, dan hindari spon logam ketika menggosoknya agar lapisan nampan tidak baret atau rusak.
  • Lakukan kegiatan mencuci atau merawat nampan tersebut secara berkala, misalnya satu minggu sekali. Namun, jika sewaktu dipakai terkena noda atau tumpahan makanan dan minuman, maka sebaiknya Anda segera membersihkannya.
  • Simpan nampan-nampan tersebut didalam rak penyimpanan yang kering dan tidak lembab.

 

Nah itulah beberapa informasi mengenai pemilihan nampan yang aman untuk di gunakan, semoga bermanfaat, jika anda membutuhkan peralatan dapur bisa langsung cek melalui bit.ly/pesanclaris

 

Sumber : https://cektarif.com