COOL Lifestyle

Memilih Talenan Tersehat untuk di Dapur

03.02.2021

Mau beli papan potong atau talenan untuk dapur Anda? Kedengarannya seperti tugas yang mudah, tapi kemungkinan Anda akan bingung pilih yang mana.
Apalagi kalau banyak saran yang saling bertentangan. Bisa jadi talenan yang Anda pilih menjadi sarang kuman berkembang biak atau bisa menjadi merusak pisau Anda.
Pada saat bersamaan, alat yang paling berguna di dapur ini juga perlu bergaya dan cocok dengan aksesoris lainnya di dapur Anda. Papan potong banyak macamnya, ada yang terbuat dari plastik, kayu atau bambu.

Plastik
Yang paling tahan lama di antara semua adalah papan potong plastik yang sering direkomendasikan oleh koki profesional juga. Hal ini diyakini bahwa plastik adalah bahan papan pemotongan paling sanitasi. Karena tidak seperti papan potong kayu atau bambu, aman untuk menjalankannya melalui mesin pencuci piring.

Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa lebih banyak bakteri ditemukan dari permukaan plastik bekas daripada permukaan kayu bekas. Yang menjadi perhatian adalah bahwa meskipun sebuah papan plastik bisa didisinfektan, permukaan plastik yang bekas luka pisau tidak mungkin dibersihkan dan didisinfeksi secara manual.

Bambu
Papan bambu ramah lingkungan, ringan dan terbuat dari rumput keras, yang merupakan sumber daya terbarukan yang berkelanjutan. Mereka menyerap lebih sedikit cairan dari pada papan kayu, dan karenanya dianggap sebagai saniter seperti papan kayu. Namun, kelemahannya adalah bambu jauh lebih sulit sehingga sulit menggunakan pisau, dan alur kecil bisa mengganggu proses pemotongan yang halus. Mereka juga perlu diminyaki secara teratur, karena bambu bisa menjadi serpihan bila tidak dirawat dengan baik. Penggunaan lama juga membuat papan sedikit berbulu dan lebih mudah menerima bakteri. Mereka juga bisa menumpulkan pisau Anda.

Kayu
Kayu adalah yang paling disukai karena selain memberikan tampilan dan nuansa yang bagus, ini adalah sumber daya terbarukan dengan papan terbuat dari sisa kayu di penggilingan yang seharusnya dibuang. Papan kayu lunak berat juga baik untuk pisau, menjaga mereka lebih tajam untuk waktu yang lama. Jika Anda mendapatkan kayu maple yang bagus atau papan pemotongan beech maka tidak akan mudah luka seperti papan plastik.

Namun, mereka juga keropos sehingga mereka menyerap segala sesuatu dan apapun yang Anda pakai pada mereka, termasuk bakteri. Setelah setiap penggunaan, papan pemotongan kayu memerlukan pembersihan menyeluruh, pengeringan, dan peminyakan.

Gunakan minyak mineral food grade untuk melindungi papan kayu Anda dan hindari memasukkannya ke dalam mesin cuci piring. Papan ini adalah yang terbaik untuk pisau Anda, karena kayu tidak menumpulkan pisau

Menjaga papan potong Anda bersih
Papan talenan plastik: Gosok papan dengan pasta yang dibuat dari satu sendok makan baking soda, garam, dan air. Bilas bersih dengan air panas.

Papan bambu: Cuci hanya dengan air sabun hangat, lalu bilas dan keringkan segera setelah itu oleskan minyak mineral. Setiap bulan atau lebih lap dengan minyak, diamkan sebentar, mungkin 15 sampai 20 menit, dan bersihkan.

Papan kayu: Taburi garam kasar di talenan dan gunakan setengah lemon, gerakkan permukaannya dengan saksama. Biarkan selama lima menit, lalu gosok residu abu-abu menggunakan amplas halus. Terakhir, berikan bilasan akhir dengan spons bersih basah, dilansir dari Times of India

 

Nah, sekarang kalian sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana caranya memilih talenan yang aman untuk jenis makanan kalian, jika anda membutuhkan peralatan dapur bisa langsung cek di bit.ly/pesanclaris

 

Sumber : https://republika.co.id