COOL Lifestyle

Tips Menyimpan Bumbu Dapur agar Lebih Awet

01.02.2021

Indonesia terkenal akan aneka sajiannya yang dapat membuat siapapun terpesona. Tak hanya warga Indonesia, bahkan banyak orang dari luar negeri yang menyukai cita rasa masakan Indonesia yang sangat kaya.
Kelezatan sajian khas Nusantara tentu saja tak lepas dari adanya bumbu dan rempah yang menghasilkan rasa khas nan menggugah selera. Selain menciptakan rasa yang lezat, bumbu dan rempah juga membuat masakan terasa lebih harum saat disajikan.
Tak heran jika bumbu dan rempah menjadi bahan makanan yang wajib ada di setiap dapur Indonesia. Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang menyimpan bumbu ataupun rempah secara sembarangan. Padahal, penyimpanan yang kurang tepat akan membuat kualitas bumbu rusak, bahkan cepat busuk.
Tak perlu khawatir lagi, dengan trik yang tepat bumbu dapur di rumah akan tetap segar dan terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu lama.

tips menyimpan bumbu dapur agar lebih awet:

1. Membeli rempah dan bumbu dalam keadaan utuh

 

Agar bumbu lebih tahan lama meski disimpan berhari-hari, belilah bumbu dalam keadaan utuh dan belum digiling. Meski bumbu halus atau bubuk terlihat praktis, namun jenis bumbu ini sangat rentan rusak, menggumpal, dan berjamur jika tidak disimpan dengan cara yang tepat

Bahkan, bumbu seperti kayu manis, Kapulaga, dan kluwak utuh dapat bertahan hingga lebih dari dua tahun. Tak hanya masa simpan yang lebih lama, bumbu atau rempah utuh memiliki aroma yang lebih harum.

 

2. Simpan di tempat kering dan tidak terkena cahaya matahari

 

Air dan panas matahari merupakan musuh utama bumbu dan rempah yang membuatnya mudah busuk serta ditumbuhi jamur. Untuk menyiasatinya, simpan bumbu-bumbu dalam wadah kering dan tertutup rapat.

Namun, khusus untuk bawang, sebaiknya simpan di tempat kering dengan sirkulasi udara yang cukup. Kamu dapat menggunakan wadah dimsum dari bambu untuk menyimpan bawang-bawangan di rumah.

 

3. Sangrai rempah sebelum disimpan

 

Sebelum disimpan, sangrai rempah-rempah seperti merica, ketumbar, dan kemiri di atas api kecil. Proses pemanasan tanpa api ini akan menghilangkan kadar air pada rempah, sehingga kualitasnya tetap terjaga dengan baik meskipun disimpan dalam waktu lama.

Tak hanya itu, menyangrai bumbu akan membuat minyaknya keluar, sehingga rasa dan aroma bumbu lebih keluar.

 

4. Jemur di bawah sinar matahari

 

selain disangrai, menjemur bumbu juga akan membuat bumbu dan rempah menjadi lebih awet. Saat dijemur di bawah terik matahari, kandungan air pada bumbu akan menguap. Selain itu, bakteri dan jamur yang ada pada permukaan rempah pun akan mati.

 

5. Simpan rempah dan bumbu basah ke dalam lemari pendingin

 

Khusus untuk bumbu yang memiliki banyak kandungan air seperti daun bawang, cabai, batang serai, dan daun-daunan, sebaiknya simpan di dalam lemari pendingin agar kesegarannya tetap terjaga. Namun sebelumnya, bungkus bumbu dan rempah dengan kertas, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara sehingga air tak akan masuk dan membasahi bumbu.

Nah, itulah beberapa tips untuk menyimpan bumbu dapur supaya tahan lama, jika anda memerlukan perlengkapan dapur bisa langsung cek melalui bit.ly/pesanclaris

 

Sumber : https://kumparan.com